Tsaqafah

PENTINGNYA “KHALWAT” BAGI PENGEMBAN DAKWAH

Berikut adalah beberapa kutipan dari Kitab Fiqh al-Sirah al-Nabawiyyah karya Syaikh Dr. Muhammad Sa’id Ramadhan al-Buthi rahimahullah, Bab Ikhtila’ Rasulullah di Gua Hira, hlm. 75-77, cetakan Dar al-Fikr tahun 2019:

Menumbuhkan Semangat Dakwah dan Berkorban

وشيء آخر له بالغ الأهمية في حياة المسلمين عامة وأرباب الدعوة خاصة: هو تربية محبة الله عزّ وجلّ في القلب. فهو منبع التضحية والجهاد وأساس كل دعوة متأججة صحيحة.

“Hal lain yang juga sangat penting dalam kehidupan kaum muslimin pada umumnya dan para tokoh/pengemban dakwah pada khususnya ialah pembinaan mahabbatullah di dalam hati. la merupakan “mata air” yang memunculkan jiwa pengorbanan dan semangat jihad, di samping merupakan asas setiap dakwah yang bergelora dengan benar.”

Berkhalwat secara Terprogram

وإنما الوسيلة إلى محبة الله تعالى- بعد الإيمان به- كثرة التفكير في آلائه ونعمه والتأمل في مدى جلاله وعظمته، ثم الإكثار من ذكره سبحانه وتعالى بالقلب واللسان. وإنما يتم كل ذلك بالعزلة والخلوة والابتعاد عن شواغل الدنيا وضوضائها في فترات متقطعة متكررة من الزمن.

“Sarana untuk menumbuhkan mahabbatullah –setelah iman kepadaNya– ialah memperbanyak tafakur tentang ciptaan dan nikmat-nikmatNya, merenungkan keagungan dan kebesaranNya, kemudian memperbanyak mengingat Allah dengan lisan dan hati. Semua itu hanya bisa diwujudkan dengan ‘uzlah, khalwat, dan menjauhi kesibukan-kesibukan dunia dan keramaiannya pada waktu-waktu tertentu secara terprogram.”

Meluruskan Praktik Uzlah yang Keliru

بيد أنه لا ينبغي أن يفهم معنى الخلوة كما شذّ البعض ففهموها حسب شذوذهم، وهو الانصراف الكلي عن الناس واتّخاذ الكهوف والجبال موطنا واعتبار ذلك فضيلة بحدّ ذاتها.

“Tetapi maksud khalwat di sini tidak dapat dipahami sebagaimana dipahami sebagian orang yang menyimpang (nyeleneh). Mereka memahaminya sebagai sikap meninggalkan sama sekali pergaulan dengan manusia dengan gua-gua dan gunung-gunung sebagai tempat tinggalnya, dengan menganggap memiliki keutamaan tersendiri.”

Beliau melanjutkan,

فذلك مخالف لهديه صلّى الله عليه وسلم ولما كان عليه عامة أصحابه. إنما المراد هو استحباب اتخاذ الخلوة دواء لإصلاح الحال كما ذكرنا، والدواء لا ينبغي أن يؤخذ إلا بقدر، وعند اللزوم.

“Tindakan ini bertentangan dengan petunjuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan praktik para sahabatnya. Maksud khalwat di sini adalah sebagai obat untuk memperbaiki keadaan. Karena sebagai obat, hal ini tidak boleh dilakukan kecuali dengan kadar tertentu dan ketika mengharuskan demikian.”

Jadi kapan uzlah dan khalwat bagi kaum muslimin dan khususnya pengemban dakwah? Dalam munajat di sepertiga malam terakhir. Dalam hening ia “berduaan” dengan Allah; menangis takut, sekaligus berharap rahmat dan pertolonganNya. In sya Allah itu akan menjadi energi dalam mengarungi medan dakwah dan kehidupan.

Kairo, 16 Oktober 2022
Yuana Ryan Tresna

[Catatan Daurah “Fikih Sirah” Pertemuan Terakhir yang Diselenggarakan Ma’had Khadimus Sunnah Bandung]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *